Jejak Datu Kalampayan di Tanah Batavia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 29 Desember 2021

Jejak Datu Kalampayan di Tanah Batavia

 

Sumber foto : ceritaparawali.wordpress.com

Setelah bertahun tahun menimba ilmu di tanah suci Makkah, tibalah waktunya Datuk Kalampayan pulang ke Tanah Kelahiran beliau, yaitu Kalimantan Selatan.

Sebelum pulang ke Kalsel, Datuk Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari) singgah dulu ke tanah betawi (Jakarta). Datuk kalampayan dan kawan kawan beliau disambut dengan sangat gembira oleh pada ulama dan penduduk setempat.

Beliau berada disana sekitar kurang lebih 60 hari. Disana beliau mengunjungi beberapa masjid. Tak hanya berkunjung, beliau juga membetulkan beberapa kiblat masjid yang kurang tepat.

Setidaknya ada tiga masjid yang beliau perbaiki kiblat nya. Yaitu Masjid Jembatan lima, Masjid Luar Batang dan Masjid Pekojan

Sebagai info tambahan, Datuk Kalampayan adalah ulama Kalimantan Selatan yang menimba ilmu di Makkah selama lebih dari 30 tahun. 

Beliau juga bersahabat dengan ulama lain yang mewakili daerah masing masing. Diantaranya Syekh Abdul Wahab Bugis dari Makasar, Syekh Abdus Shomad dari Palembang, dan Syekh Abdurrahman Mishri dari Betawi/Jakarta.

Sumber : Buku Datu-datu terkenal Kalimantan Selatan, Sub Judul "Datu Kalampayan Martapura", halaman 31. Buku diterbitkan oleh penerbit "Sahabat" Mitra pengetahuan".

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner